Pengembangan Model Peningkatan Daya Saing UMKM Berbasis E-Commerce ( Studi Pada UMKM Kabupaten Lamongan )

Umar Yeni Suyanto, UYS and Ika Purwanti, IP (2021) Pengembangan Model Peningkatan Daya Saing UMKM Berbasis E-Commerce ( Studi Pada UMKM Kabupaten Lamongan ). Pengembangan Model Peningkatan Daya Saing UMKM Berbasis E-Commerce ( Studi Pada UMKM Kabupaten Lamongan ), 4 (1): 1. pp. 189-198. ISSN 2599-3410

[thumbnail of ARTIKEL_UMAR_IKA.pdf] Text
ARTIKEL_UMAR_IKA.pdf

Download (439kB)
[thumbnail of HAKI_UMAR_IKA.pdf] Text
HAKI_UMAR_IKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Masyarakat Indonesia tentu meyakini bahwa UKM berperan besar dalam meningkatkan pendapatan dan menyerap tenaga kerja di Indonesia. Meskipun indikator-indikator ini telah berkontribusi pada pembentukan produk domestik bruto (PDB) dan penyerapan tenaga kerja yang lebih tinggi, terdapat sedikit peluang untuk memasuki sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dalam rantai pasokan produksi global. Penelitian ini bertujuan untuk mengkonfirmasikan rancangan model dan indikator yang dapat mempengaruhi daya saing UMKM berbasis e-commerce. Penelitian pengembangan model daya saing UMKM berbasis e-commerce dilakukan dengan menganalisis model pada penelitian sebelumnya dan melakukan uji coba. Studi awal menghasilkan dokumen kuesioner dan panduan survey yang digunakan sebagai media dalam mengumpulkan data primer dengan melakukan survey di 27 kecamatan di kabupaten Lamongan. Survey dilakukan kepada pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) sebagai responden untuk menjawab pertanyaan yang sudah disusun dalam kuesioner. Pengujian model menggunakan metode Partial Least Square (PLS). Survey yang dilakukan pada studi ini dilakukan di 27 kecamatan dengan target jumlah responden adalah minimal tiga puluh responden per kecamatan untuk memenuhi standar jumlah minimal data per kecamatan. Hasil yang diperoleh yaitu 810 responden dari 27 kecamatan. Pada akhirnya, Variabel Ketersediaan sumber daya dan Kondisi pasar memiliki dampak yang positif dan signifikan terhadap peningkatan kinerja UMKM. selanjutnya pada variabel proses, variabel kemampuan wirausaha yang paling tinggi memiliki dampak positif dan signifikan. Variabel Kebijakan pemerintah dan infrastruktur, Pendukung proses dan Dukungan eksternal berhasil memoderasi terhadap peningkatan kinerja UMKM. Akan tetapi variabel E-commerce belum memiliki dampak signifikan dalam meningkatkan daya saing UMKM.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: keywords : Daya saing, E-commerce, UMKM
Subjects: Research
Research > Social Sciences > Management
Divisions: Fakultas Bisnis > Penelitian Dosen
Depositing User: Unnamed user with email dev@ahmaddahlan.ac.id
Date Deposited: 15 Jun 2023 05:27
Last Modified: 15 Jun 2023 05:27
URI: http://eprints.ahmaddahlan.ac.id/id/eprint/132

Actions (login required)

View Item
View Item