Pendekatan Manajemen Strategi Dalam Pengembangan Sektor UMKM Di Kabupaten Lamongan

Ika Purwanti, IP and Umar Yeni Suyanto, UYS (2021) Pendekatan Manajemen Strategi Dalam Pengembangan Sektor UMKM Di Kabupaten Lamongan. Pendekatan Manajemen Strategi Dalam Pengembangan Sektor UMKM Di Kabupaten Lamongan, 5 (1): 1. pp. 735-757. ISSN 2621-5306

[thumbnail of ARTIKEL_IKA_UMAR.pdf] Text
ARTIKEL_IKA_UMAR.pdf

Download (461kB)
[thumbnail of HAKI_IKA_UMAR.pdf] Text
HAKI_IKA_UMAR.pdf

Download (2MB)

Abstract

Riset ini bertujuan untuk mengkaji dan merumuskan alternatif-alternatif strategi pengembangan serta peningkatan keunggulan bersaing pada UMKM Kabupaten
Lamongan, dengan mengadopsi Kekuatan, Kelemahan, Kesempatan, serta Ancaman (SWOT). Pendekatan penelitian menggunakan deskriptif kualitatif, yakni pengukuran yang berlandaskan pada fenomena atau realita yang ada di objek penelitian, berkaitan dengan strategi pengembangan UMKM dalam meningkatkan keunggulan bersaing. sosial tertentu. Fenomena tersebut berkaitan dengan strategi pengembangan UMKM
berbasis keunggulan bersaing. Terdapat dua tahapan utama pada studi ini. Pertama, kami mengenali dan menganalisis faktor strategis internal dan eksternal baik yang mendorong maupun menghambat, serta mempengaruhi peningkatan keunggulan
bersaing UMKM. Kedua, menyusun model strategi pengembangan berbasis keunggulan bersaing untuk UMKM. Sebanyak 7 faktor diidentifikasi dan dianalisis. Temuan penelitian menunjukkan situasi saat ini dan proyeksi sektor UMKM nantinya berada
dalam lingkungan yang kompetitif. Terakhir, kami menyarankan langkah-langkah strategis untuk mengembangkan keunggulan bersaing UMKM di Kabupaten Lamongan. Alternatif utama strategi pengembangan yang bisa diimplementasikan UMKM di
Kabupaten Lamongan yakni membuat produk olahan yang lebih inovatif lagi dibanding pesaing; melindungi serta mempertahankan mutu baku, mutu produk, dan harga yang
senantiasa bersaing; juga menambah fasilitas penunjang pengembangan UMKM.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Manajemen Strategi, Pengembangan UMKM, Analisis SWOT
Subjects: Research
Research > Social Sciences > Management
Divisions: Fakultas Bisnis > Penelitian Dosen
Depositing User: Unnamed user with email dev@ahmaddahlan.ac.id
Date Deposited: 15 Jun 2023 06:16
Last Modified: 15 Jun 2023 06:16
URI: http://eprints.ahmaddahlan.ac.id/id/eprint/133

Actions (login required)

View Item
View Item