Alwi, Hadad (2025) Pengaruh Celebrity Endorsment, Brand Awarness, dan Harga Terhadap Minat Beli Produk Fashion di E-commersce Shopee (Studi Kasus: Mahasiswa ITBADLA). Other thesis, Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Lamongan.
![[thumbnail of Fulltext_Hadad Alwi_2101040005.pdf]](http://eprints.ahmaddahlan.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Fulltext_Hadad Alwi_2101040005.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh celebrity endorsement, brand awareness, dan harga terhadap minat beli konsumen terhadap produk fashion di e-commerce Shopee, dengan fokus pada mahasiswa Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Lamongan (ITBADLA). Latar belakang penelitian ini didasarkan pada meningkatnya persaingan di industri e-commerce serta peran strategis dari faktor-faktor
pemasaran digital dalam memengaruhi perilaku konsumen, khususnya segmen mahasiswa sebagai digital native.
Pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini dengan teknik purposive sampling, melibatkan 100 responden yang pernah melihat iklan Shopee dengan selebritas sebagai endorser. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan metode Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dengan bantuan software SmartPLS 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand awareness dan harga berpengaruh signifikan terhadap minat beli, sementara celebrity endorsement tidak memberikan pengaruh signifikan secara parsial. Namun, secara simultan, ketiga variabel tersebut terbukti memberikan pengaruh yang signifikan terhadap minat beli. Temuan ini menunjukkan bahwa dalam konteks mahasiswa, tingkat kesadaran terhadap merek dan persepsi harga yang kompetitif memainkan peran penting dalam membentuk minat beli. Sementara itu, efektivitas celebrity endorsement bergantung pada kesesuaian dan kredibilitas tokoh yang digunakan. Penelitian ini menegaskan pentingnya integrasi strategi pemasaran digital yang relevan dan tepat sasaran untuk meningkatkan daya saing produk fashion di platform e-commerce.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Celebrity Endorsement, Brand Awareness, Harga, Minat Beli, Fashion , E-Commerce, Shopee, Mahasiswa ITBADLA. |
Subjects: | Research > Social Sciences > Digital of Business Research |
Divisions: | Fakultas Bisnis > Prodi Bisnis Digital |
Depositing User: | Unnamed user with email dev@ahmaddahlan.ac.id |
Date Deposited: | 19 Aug 2025 04:25 |
Last Modified: | 19 Aug 2025 07:47 |
URI: | http://eprints.ahmaddahlan.ac.id/id/eprint/232 |