Aurilla, Baby Agne (2025) Pengaruh Profitabilitas Dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi (Studi pada Perusahaan Food & Beverage yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2021-2023). Other thesis, Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Lamongan.
![[thumbnail of Article_BAABY AGNE AURILLIA_2001021175.pdf]](http://eprints.ahmaddahlan.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Article_BAABY AGNE AURILLIA_2001021175.pdf
Download (545kB)
![[thumbnail of FullText_BABY AGNE AURILLIA_2001021175.pdf]](http://eprints.ahmaddahlan.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
FullText_BABY AGNE AURILLIA_2001021175.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengauh profitabilitas dan leverage terhadap nilai perusahaan dengan ukuran perusahaan sebagai variabel moderasi. Penelitian ini mengguakan metode kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan perusahaan sub sektor food & beverage yang terdaftar di brusa efek Indonesia periode 2021-2023 dengan menggunakan Teknik sampling yaitu purposive sampling sebanyak 99 sampel berdasarkan kriteria yang ditentukan. Variabel yang diteliti dalam penelitian ini adalah profitabilitas dan leverage yang merupakan variabel independent, nilai Perusahaan sebagai variabel dependen dan ukuran perusahaan sebagai variabel moderasi. Data penelitian ini dianalisis menggunakan analisis Moderated Regression Analysis (MRA) dengan menggunakan alat analisis SPSS Versi 26. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Profitabilitas perusahaan berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, 2) Leverage tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, 3) Profitabiliatas berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan dengan ukuran perusahaan sebagai variabel moderasi, 4) Leverage tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan dengan ukuran perusahaan sebagai variabel moderasi. Hasil penelitian secara keseluruan memberikan implikasi perusahaan sektor food & beverage yang terdaftar di brusa efek Indonesia untuk melakukan evaluasi atau perencanaan yang bisa memaksimalkan nilai perusahaan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan, Nilai Perusahaan |
Subjects: | Research > Social Sciences > Accounting Research |
Divisions: | Fakultas Bisnis > Prodi Akuntansi |
Depositing User: | Unnamed user with email dev@ahmaddahlan.ac.id |
Date Deposited: | 19 Aug 2025 06:21 |
Last Modified: | 20 Aug 2025 06:21 |
URI: | http://eprints.ahmaddahlan.ac.id/id/eprint/241 |