Ninik Sulistyoningsih, NS (2021) Pengaruh Transformasional Leadership, Iklim, Organisasi, Stres Kerja Dan Kompetensi Terhadap Kinerja Guru SMPN 1 Maduran Di Masa Pandemi Covid-19. Masters thesis, Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Lamongan.
FULLTEXT_NINIK SULISTYONINGSIH_1701011517.pdf
Download (7MB)
JURNAL_NINIK SULISTYONINGSIH_1701011517.pdf
Download (468kB)
Abstract
Pendidikan merupakan suatu kebutuhan bajib bagi setiap insan manusia, Tujuan dari pendidikan pada dasarnya adalah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Dalam mewujudkan tujuan pendidikan, hal ini erat kaitannya dengan kinerja seorang pendidik atau guru. Pelaksanaan tugas pokok adalah melaksanakan tugas tambahan yang melekat pada pelaksanaan kegiatan pokok dengan Beban Kerja Guru. Tugas tambahan yang diemban oleh guru yang memiliki ekuivalensi dengan beban mengajar. Artinya tugas tambahan dari guru disetarakan dengan jam mengajar tatap muka / minggu. Kinerja guru dapat terpenuhi maksimal dan tercapai sesuai dengan tupoksinya apabila mendapatkan dukungan yang sesuai. Faktor yang mempengaruhi kinerja guru terdapat berbagai hal, diantaranya yaitu bentuk kepemimpinan yang ada, iklim organisasi, stress kerja maupun kompetensi kerja guru. Gaya kepemimpinan transformal yang menjadi pilihan beberapa instansi sekolah dalam upaya menciptakan kinerja guru yang baik. Kepala sekolah SMPN 1 Maduran menyatakan hasil rapat evaluasi tahunan pada akhir desember 2020 kemarin, bahwa kinerja guru jika sebelum masa pandemic covid-19 dinilai 100%, di masa pandemic sekarang nilainya menurun menjadi 92%. Beban kerja guru bertambah pada pengajaran daring yang susah dimengerti oleh siswa membuat guru merasakan stress kerja. Tuntutan laporan online dengan dateline terkadang menjadi masalah yang signifikan karena tidak semua guru SMPN 1 Maduran sebelumnya menguasai kompetensi di bidang teknologi informasi. Masalah lain yaitu keadaan sinyal di daerah siswa, serta penggunaan kuota belajar yang belum dimanfaatkan secara maksimal oleh siswa juga menjadi perhatian khusus guru. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui Pengaruh Transformasional leadership, iklim organisasi, stress kerja terhadap kompetensi motivasi kerja dan kinerja Guru SMPN 1 Maduran di masa pandemic covid-19. Jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel yang digunakan sebanyak 51 guru. Menggunakan aalisis regresi linier berganda. Hasil penelitian mengatakan bahwa Transformasional leadership, Stres kerja dan kompetensi kerja berpengaruh terhadap kinerja guru SMPN 1 Maduran di masa Pandemic Covid-19, Iklim organisasi tidak berpengaruh terhadap kinerja guru SMPN 1 Maduran di masa Pandemic Covid-19. Transformasional leadership,iklim organisasi, stress kerja dan kompetensi secara simultan berpengaruh terhadap kinerja guru SMPN 1 Maduran di masa Pandemic Covid-19
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | MNJ/21/013 |
Uncontrolled Keywords: | Transformasional leadership, iklim organisasi, stress kerja, kompetensi motivasi kerja dan kinerja Guru |
Subjects: | Research Research > Social Sciences > Management |
Divisions: | Fakultas Bisnis > Prodi Manajemen |
Depositing User: | Unnamed user with email dev@ahmaddahlan.ac.id |
Date Deposited: | 16 Mar 2023 15:09 |
Last Modified: | 16 Mar 2023 15:09 |
URI: | http://eprints.ahmaddahlan.ac.id/id/eprint/27 |